Pengertian Sistem Komputer

Sistem  bilangan adalah  suatu  cara  untuk  mewakili besaran  dari  suatu  item fisik. Sistem bilangan menggunakan basis ( base/ radix ) tertentu yang tergantung  dari jumlah 

bilangan yang di gunakan. Konsep  dasar sistem bilangan, senantiasa mempunyai Base
(radix), absolute digit dan positional (place) value

Untuk  memudahkan  mempelajari komputer   sebagai  pengolah  data,  kita  harus memandangnya sebagai sebuah  sistem  komputer  (computer  system). Secara  umum, Sistem  komputer  adalah  jaringan  elemen-elemen yang saling  berhubungan, berbentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dan sistem tersebut.

Tujuan  pokok  dan  sistem  komputer  adalah   mengolah data  untuk  menghasilkan informasi.  Supaya  tujuan  pokok  tersebut   tercapai,  maka  harus  ada   elemen-elemen yang  mendukungnya. Elemen-elemen dan sistem komputer  adalah  hardware, software, dan brainware.

1.   Hardware (perangkat keras)  adalah  peralatan  di sistem komputer  yang secara  fisik terlihat dan dapat dijamah, seperti monitor, keyboard, dan mouse.
2.   Software  (perangkat  lunak)   adalah   program   yang   berisi  perintah-perintah  untuk melakukan pengolahan data. Ada tiga bagian  utama dan software :
a.   Sistem operasi : DOS, Linux, Windows, dan Mac.
b.   Bahasa  pemrograman : Visual Basic, C++, Pascal, Java, dan Visual C. c.   Aplikasi : MS Office, Antivirus, Winamp, dan Mozilla.
3.   Brainware  adalah   manusia yang  terlibat  dalam   mengoperasikan  serta  mengatur  sistem komputer.

Ketiga elemen  sistem komputer tersebut harus saling  berhubungan dan membentuk satu-kesatuan. Hardware tanpa adanya  software maka tidak akan berfungsi  seperti yang diharapkan,  hanya   berupa   benda   mati  saja. Software  yang   akan  mengoperasikan hardwarenya. Hardware yang  sudah  didukung oleh software juga  tidak akan  berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikamya.

sumber:buku kementrian pendidikan dan Kebudayaan
Pengertian Sistem Komputer Pengertian Sistem Komputer Reviewed by fortunez on July 24, 2020 Rating: 5

No comments:

Entri yang Diunggulkan

Powered by Blogger.