Kombinasi warna RGB dan CMYK

RGB
RGB sendiri adalah R(Red,merah) G(Green,hijau) B(Blue,biru). Warna RGB di fungsikan untuk display warna computer yang hiasan berwarna  hitam. Sebagai warna dasar, di fungsikan untuk berbagi intensitas cahaya dengan monitor yang berwarna hitam. Jadi ini cocok untuk tampilan saja, tapi kalau untuk di cetak tidak cocok.
CMYK
CMYK merupakan singkatan dari cyan, magenta, yellow, black, yang sering di kenal dengan warna proses atau yang ada di dalamnya empat warna. Cmyk merupakan bentuk warna yang terdapat pengurangan sebagiannya terdapat gelombang cahaya serta yang paling umum di gunakan agar dapat menjelaskan bahwa proses percetakan. Walaupun ada yang terdapat sejumlah sistem percetakan yang ada pada percetakan , operator cetak, pembuat mesin print serta susunan penintaan , proses pada pewarnaan mulanya berturutan hingga sesuai dengan singkatan CMYK.
Secara konsep yang sebenarnya bentuk pewarnaan terhadap warna cmky ( tidak menggunakan warna hitam) yang merupakan kesebalikan secara otomatis dari bentuk warna RGB, dalam hal itu dapat di tarik persamaan terhadap fungsi konversi sederhana contoh:

Kegunaan [r,g,b] = cmy2rjb (c,m,y)

r= 1.0 – c;

g= 1.0 – m;

b=1.0 – y;



Tetapi kenyataannya, bentuk rgb yang sering di temukan di dalam metode reproduksi.

Warna yang terdapat pada alat optic, contoh camera canon, keyboard pemilihan warna yang bergantung pada elemen alat tersebut; sedangkan bentuk warna cmy(+k) yang terkait pada penyimpanan sistem percetakan, baik teknologi pencetakan ataupun material cetak dan tinta yang dipakai. Kedua bentuk warna tersebut mempunyai ketergantungan dalam kesesuaian warna.

Oleh karena itu tidak ada permasalahan yang mudah dalam mengkonversi warna RGB terhadap CMYK tau sebaliknya. Contoh:

Contoh [r,d,b] = cmk2rgb (c,m,y,k)

r = 1.0  - (c+k);

g = 1.0  - (c+k);

b = 1.0  - (c+k);

dengan membandingkan peralatan optic RGB pada camera canon dengan hasil cetak cmyk sangat susah (lihat inse: perbandingan bentuk warna RGB dengan CMYK ), sebab baik elemen perlengkap maupun pigmen (zat warna) tinta beda sekali.

Walaupun tidak ada permasalahan yang susah agar mengkonversi RGB ke dalam bentuk warna cmyk tetapi banyak yang sedang berusaha mengimplementasikan proses konversi tersebut di atas. Proses tersebut biasanya di kenal dengan nama color management system. Dengan memakai profil warna (color profile) sebuah aplikasi perangkat lunak yang dapat menghitung dan menghubungkan kedua data bentuk tersebut.

Kenapa CMYK bukannya cmy?

Konsep penyerapan warna menyatakan jika cyan akan mengisap gelombang cahaya yang berwarna merah, magenta akan mengisap gelombang cahaya yang berwarna hijau serta kuning yang akan menyerap gelombang cahaya yang berwarna biru itu merupakan utopia satu-satunya.

Dalam penerapannya tidak mungkin di dapatkan tinta-tinta di atas.

Yang asli dapat menyerap seluruh gelombang cahaya yang semestinya dihisap. Oleh karena itu suka atau tidak suka ada sebagian gelombang cahaya yang tidak di sukai yang  masih dipantulkan sehingga membuat kesalahan warna atau error.

Walaupun ketiga tinta primer atau cmy sendiri bisa membiaskan gelombang cahaya warna yang kurang di sukai, tetapi bagiannya berlainan, tinta cyan dapat memantulkan cahaya merah yang lebih besar di bandingkan dengan cahaya yang berwarna hijau yang dapat dipantulkan oleh tinta magenta begitu juga dengan cahaya yang berwarna biru.
sumber:garudacyber.co.id
Kombinasi warna RGB dan CMYK Kombinasi warna RGB  dan CMYK Reviewed by fortunez on January 19, 2019 Rating: 5

No comments:

Entri yang Diunggulkan

Powered by Blogger.